Perkenalan

Contoh dari iklan. Spesifiknya, iklan acara di Emporium Pluit pada Juni 2018 di Jakarta. Tapi penulis tidak akan membahas ini karena usianya masih di bawah threshold 10 tahun. DuckTales @ Emporium Pluit, KOMPAS, 5 Juni 2018 hal.

Hi. Jika anda pecinta iklan lawas dan produk-produk yang masih beredar maupun yang pernah beredar di pasar Indonesia, disini tempatnya.

Penulis juga penggemar iklan-iklan lawas dari majalah-majalah jadul yang penulis koleksi atau temukan di pasar liar, baik dari majalah maupun dari rekaman televisi. Namun untuk rekaman televisi, penulis jarang menemukan ya…. kebanyakan rekaman diambil oleh kolektor lain sehingga penulis sepertinya memfokuskan diri pada iklan pada majalah. Tapi tetap saja mereka akan ada. 🙂

Mengapa iklan? Mungkin ada kaitannya dengan sebagian spektrum autisme beberapa pecinta iklan. Tapi iklan tidak hanya menarik mata para pembacanya; itu bukti bahwa produk itu benar-benar ada di Indonesia. Bahwa produk itu, mungkin saja menjadi terobosan di masanya, di pasar di negara dimana selera masyarakat sangat mudah berubah alias bandwagon dan akhirnya tenggelam setelah bertahun-tahun. Bahwa produk tersebut adalah pencipta tren di masanya (trendsetter). Potongan sejarah spesifik tersebut justru ada lewat iklan.

Catatan dari penulis; tidak seperti blog Setiap Gedung Punya Cerita yang juga diurus oleh blogger yang sama dan melibatkan sumber-sumber dari luar Internet, blog “Dari Rak Toko” adalah kebalikan dari SGPC: murni mengandalkan sumber-sumber dari Internet. Tujuannya sedikit lucu, agar akun WordPress si DBG masih bisa digunakan, dan karena sejarah arsitektur benar-benar menarik untuk ditelusuri dibanding iklan. Entah kenapa. Tetapi, tulisan baru dari blog ini diupayakan terbit satu artikel setiap hari Sabtu dan Minggu jam 5 sore, mulai Juli 2020. Artikel dan iklan yang temanya khusus, ditulis di hari acak.

Ada pertanyaan dan saran? Apakah anda tahu biro iklan pencipta iklan tersebut? Apakah anda tahu ada orang terkenal/bintang iklan yang muncul di iklan tersebut? Anda bisa menjawabnya melalui surel saya.

Pantangan dari blog ini satu: usia iklan dilarang berusia di bawah 10 tahun (seperti iklan DuckTales di atas). Iklan otomotif dan properti ditulis ala kadarnya karena sudah ada yang mengulas lebih detil (Mobil Motor Lama dan Setiap Gedung Punya Cerita).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s