Stipo (1987)

Salah iklan? Stipo saja iklan ini. Gadis, 30 Juli 1987. Flickr

Inilah merk yang akhirnya selamanya dikaitkan dengan tinta putih yang dipakai mengoreksi kesalahan saat menulis, singkatnya “Cairan penghapus” per iklan yang ditampilkan. Mirip dengan cairan penghapus merek Re-Type yang menyediakan cairan pemutih dengan thinner-nya, merk ini sepertinya sangat populer, bahkan nama merk ini akan selamanya digunakan untuk menyebut correction pen alias pena penghapus alias cairan penghapus, walau merk Stipo sudah lama tiada di pasaran Indonesia. Merk lain yang juga mengalami hal yang sama dengan Stipo, adalah Tipp-Ex, merk yang sekarang dipegang oleh perusahaan bolpen Perancis, Bic. Merk Tipp-Ex juga sudah punah di rak-rak toko alat tulis di Indonesia.

Produsen tidak diketahui. Penulis membuat artikel ini dengan sedikit terburu-buru, di luar jadwal awal, karena kuatnya pengaruh merk ini terhadap kosa-kata Bahasa Indonesia.

Satu tanggapan untuk “Stipo (1987)

  1. Sekarang saya jadi tahu darimana asal mula nama “stipo” buat correction pen. Saya baru kenal nama ini waktu SMP, tapi waktu saya masih di bangku SD di Jakarta kita semua nyebutnya ‘Tip-Ex”. Saya rasa nama stipo jadi terkenal di kalangan anak sekolahan jaman now berkat guru-guru kita 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s