Tropicana Slim (1982)

Banyak varian Tropicana Slim mulai dari biskuit sampai pemanis. Femina, 23 November 1982.

Mungkin anda melihat Tropicana Slim saat ini identik dengan susu rendah kalori dan pemanis bebas gula, dan dipasarkan untuk orang penderita diabetes. Mungkin saat produk ini pertama diperkenalkan, masalah diabetes mellitus di Indonesia belum menjadi bahasan serius di kalangan masyarakat. Seperti di iklan Femina pada tahun 1982 ini, lebih menonjolkan pada diet berkalori rendah. Walau, ada imbuhan kata “aman bagi penderita diabetes”.

Sementara produsennya sendiri, Nutrifood Indonesia, baru berusia 3 tahun saat iklan ini muncul di majalah kaum hawa Indonesia. Kemungkinan iklan sejenis beredar di edisi lain Femina atau majalah-majalah kompetitor sekitar 1982-1983. Untuk logonya sendiri, kemasan susu diet dan biskuit (diet cookies) dan diet orange juice menjadi penanda bahwa logo yang sekarang digunakan oleh Tropicana Slim sudah digunakan mungkin lebih awal dari 1982, atau dalam kata lain masih transisi, tapi realita pasarnya, misterius.

Secara garis besar, dalam iklan ini, Tropicana Slim hanya memiliki 6 produk, susu skim, sirup, pemanis artifisial, biskuit (diet cookies), agar-agar mix dan diet orange juice. Kemasan pemanis artifisial Tropicana Slim dan Diet Orange Drink menggunakan kemasan yang identik saat ini dengan Nutrisari. Agar-agar mix sudah tidak diproduksi lagi.

Tetapi saat ini Tropicana Slim tak melulu pemanis artifisial dan susu skim. Dari iklan ini, 5 diantaranya masih diproduksi, dan kini produk bermerek Tropicana Slim, sudah memiliki lebih banyak lini produk setelah 41 tahun diproduksi (saat ditulis pada Juni 2020), seperti minyak goreng jagung, santan rendah lemak, kecap, kopi bubuk, madu, gula jawa, dan bahkan selai. Pemanis buatan kini memiliki varian alaminya bernama Stevia (konon dari ekstrak daun Stevia rebaudiana yang mengandung pemanis steviol glikosida), dan sudah ada varian-varian tambahan dari pemanis buatan tersebut. Tapi tidak ada pemanis buatan dikemas dalam toples Nutrisari seperti dalam iklan.

Referensi tambahan:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s