Gayatri (1987)

“Gayatri, tradisi putri bahari untuk gaya putri masa kini.” Bali Post, 12 Februari 1987

Inilah iklan kecantikan yang tidak lagi rasis dan misoginis. Di era 1980an dan 1990an, PT Vitapharm, produsen kosmetik Viva yang sangat populer hingga saat ini, memproduksi kosmetik Gayatri, yang iklannya lebih menonjolkan keindonesiaan. Di iklan yang menawarkan lotion kulit ini, tidak ada kata yang menonjolkan kulit putih. Hanya menonjolkan kulit yang bersih, jernih dan harum. Dan kata jernih ini terbuka untuk diinterpretasikan.

Sekitar 1991 pertengahan, Vitapharm juga memproduksi make-up dan lipstik bermerek Gayatri. Sayang merek Gayatri sudah tidak ada; Vitapharm hanya memfokuskan diri pada merk Viva Cosmetics yang lebih senior dan lebih berhasil di pasaran. Iklan TV-nya juga masih menonjolkan ciri khas keindonesiaan.

Iklan Gayatri, ca. 1991. Uploader iklan ini adalah seorang eksekutif biro iklan asal Australia yang pernah menggarap iklan di Indonesia.

Sudah waktunya biro iklan Indonesia berhenti memproduksi iklan yang menjanjikan lotion “yang menjamin kulit putih terang”, karena terdengar dan diinterpretasikan sebagai kampanye rasis. Iklan Gayatri ini sepertinya cukup paham soal masalah tersebut, karena pemerintah Orde Baru sendiri sangat sensitif dengan isu-isu SARA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s