Sherwin Williams (1978)

Mengucapkan Hari Raya Galungan, Kuningan dan Nyepi. Bali Post, 25 Februari 1978.

Penulis tidak terbesit pikiran bahwa merek cat Amerika, Sherwin Williams, pernah diproduksi dan dijual di Indonesia, ketika saya membolak-balikkan kertas koran rapuh Bali Post di Perpusda Bali akhir 2018 lalu. Kenapa? Pertama, merk ini jarang terdengar. Selain itu, dalam perkembangan terakhir, Sherwin Williams lebih banyak berkancah di pasar pertukangan dan industri cat di negara-negara NAFTA, terutama AS dan Meksiko. Bagaimana merk ini muncul dan menjadi tidak begitu populer di Indonesia masih misterius. Merk cat yang familiar bagi penulis dan beberapa orang Indonesia hanya Avian Paints, Danapaints, Nippon Paint dan sebagainya.

Merk Sherwin Williams saat itu, mengutus Scooby-Doo, anjing piaraan si Shaggy dkk untuk memecah misteri, sebagai duta merk cat tersebut. Sayangnya, karena salah cetak, tulisan “Scooby Doo Loves You!” kurang terlihat jelas. Slogan dan logo “Cover the Earth” Sherwin Williams, menegaskan tujuan dan keinginan brand Sherwin Williams agar catnya digunakan di tembok-tembok di seluruh dunia. Dengan perkembangan saat ini, logo Cover the Earth tersebut dikritik habis-habisan.

Di bagian yang sama, Marvon Ad. menandakan bahwa salah satu biro iklan yang membuat iklan ini adalah Marvon Advertising. Kemungkinan sudah beralih mengelola reklame dan baliho. Saat terbit, bulan Maret sudah mendekat dan masyarakat Hindu di Bali akan merayakan hari raya Galungan, Kuningan dan Nyepi secara berurutan.

Tidak ada informasi lain mengenai cat Sherwin Williams, bahkan di majalah Konstruksi koleksi pribadi penulis sekalipun. Saat ini, Sherwin Williams masih ada di Indonesia, dan berkantor di Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s