Pasta Gigi Darlie (1988)

Darlie - Kartini, 25 Juli 1988
George Floyd pun menangis andai ia melihat iklan ini. Kartini, 25 Juli 1988.

Rasanya anda setuju, iklannya sangat rasis sekali. Lihat saja logo dan namanya.

Merk pasta gigi Darkie sudah ada di Indonesia dari awal Orde Baru. Salah satu iklan Darkie terlama yang penulis temukan muncul pada tahun 1978, di harian KOMPAS, akan dimuat di lain hari. Produk pasta gigi ini diproduksi oleh Hawley & Hazel sejak 1933, dan dijual di beberapa negara. Di Indonesia, merk Darkie diproduksi oleh Filma Utama Soap, anak perusahaan Tempo Scan Pacific.

Iklan tersebut dimuat oleh Metro Advertising, yang diambil alih biro asal Perancis, Publicis sejak 2001.

Saat iklan ini terbit, merk Darkie, yang menguasai pangsa pasar besar di negara-negara Asia Timur dan Tenggara, kecuali Indonesia yang sepertinya kelenger menghadapi dominasi Pepsodent dan Ritadent, sedang dalam sorotan masyarakat kulit hitam Amerika Serikat, ormas-ormas kulit hitam seperti NAACP dan beberapa gereja. Lambang orang blackface dengan mata melotot dan topi panjangnya, dengan nama “darkie”, istilah yang digunakan untuk merendahkan derajat masyarakat kulit hitam, menjadi akar masalahnya.

Kontroversi yang merebak di Amerika inilah yang membuat Colgate, meminta anak perusahaannya, Hawley & Hazel, (Colgate membeli Hawley & Hazel pada tahun 1985) untuk mengganti nama merk tersebut menjadi “Darlie”, secara bertahap. Indonesia baru menerima nama baru, beserta logonya yang tidak terlihat rasis lagi, pada tahun 1991. 29 tahun kemudian, Colgate kembali meminta Hawley & Hazel untuk mengkaji dan mempertimbangkan kembali nama merk Darlie setelah pendemo, di bawah panji Black Lives Matter, mengamuk di seluruh dunia pasca-peristiwa George Floyd.

Sepertinya perubahan yang dilakukan pada 1989 ternyata tidak pernah memuaskan pihak kulit hitam, dan Hawley & Hazel tidak mau pangsa pasarnya ciut karena perubahan merk tanpa memahami karakter daerah. Antara uang dan todongan Black Lives Matter yang menolak lupa dengan nama rasis merek pasta gigi tersebut, Hawley & Hazel harus mengambil keputusan.

Sumber yang digunakan:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s